CURCOL

Curcol (20) fenomena (20) Fiksi (9) Opini (19)

Kamis, 09 Februari 2012

Arti sebuah NAMA

Beberapa hari lalu, adik gue dikaruniai seorang putra dari rahim istrinya tercinta. Mungkin saking buru-burunya, waktu nelpon, gue lupa nanyain nama itu baby siapa. Trus, gue tanya nyokap, jawab nyokap belum ada. Kok belum? Pikir gue. Jd inget, dulu gue pas bulan ke 7 udah sibuk beli buku nama2 anak plus browsing2.

Besok nya, gue telpon adik ipar gue, ngucapin selamat dan gak lupa gue tanya nama ponakan gue tsb. "udah ada mbak, namanya Axcell Marayana Adam. Gabungan barat dan sasekerta." katanya ipar gue. Gue diem. Mikir. Nama yg di mulai dr huruf A, dan artinya ...

Gue gak komentar apapun tentang nama itu. Itu sudah menjadi hak dan keputusan mereka sebagai orang tuanya. Dan pasti mereka juga sudah punya pertimbangan sendiri arti nama buat anak mereka. Dan pastinya arti nama adalah Do'a orang tua buat anak nya.

Jadi keinget berburu nama waktu gue hamil Dae dulu. Udah repot dr jauh2 bulan, karena memang banyak pertimbangan2 yg harus kami ambil, demi psikologis banyak pihak. Diantaranya :

1. Tidak diawali dari huruf A atau Z (huruf awal2 atau akhir2), dgn pertimbangan kasian kalo ulangan, dia pasti duduk sesuai absen. Kalo gak ditaro depan, pasti belakang banget. "Nanti ga bisa nyontek"

2. Tidak terlalu berbau Islami, ataupun Nasrani. Netral aja. Maklum, eyang & akung nya Haji, Nenek & Kakeknya Katholik. Kami gak mau orang tua kami jadi merasa gimanaa, gitu. Lg pula, nanti anak gue dipersulit kalo mau ke Amerika. Hahaha.

3. Jangan maksain, dan kedengerannya jadi aneh. Lalu di olok2 teman2 nya. Kasian kan? Tapi juga jangan Pasaran. Hahaha. Jadi inget jaman SD gue, 20 tahun lalu. Sekelas aja, bisa ada 5 nama ADI (Sori niy buat yg punya nama Adi). Qeqeqe

4. Punya arti yang bagus. Karena tadi, arti nama adalah doa dan pengharapan orang tua thdp anaknya. Maksud hati terdengar ke arab-arab an, krn ada kata2 tsb dalam Al Qur'an, maka di kasihlah nama MINAR , tp ga taunya Artinya "Dari Api Neraka". Kan ga lucu?

Dari pertimbangan2 tersebut, maka jadilah sebuah nama untuk anak kami. Darrel Firky Deharsya, yang artinya Belahan hati Firman & Ridzki yang lahir di Bulan Desember hari Syabtu. Hahaha.

Ternyata bikin nama buat anak emang Susah2 gampang (buat yg blum ngerasain, nanti paham deh maksud gue). Dan gue masih suka kesel sama orang yang Nyepelein Namanya, trus bilang "APALAH ARTI SEBUAH NAMA".

Belum tau sih, betapa kesel nya, ketika spelling nama lu SALAH KETIK saat lu bikin KTP, SIM, STNK, Kartu Kredit, Akte, Asuransi dsb. 


Maret 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar