CURCOL

Curcol (20) fenomena (20) Fiksi (9) Opini (19)

Kamis, 09 Februari 2012

Nilai sebuah rupiah

Siang tadi gue makan di warung mpok topik, yang letaknya di sebrang kantor, Dengan menu nasi-ikan tongkol cabe-belado kentang + es teh botol. Kelar2, semuanya Rp 8.500 ,- . Hah? Gak salah? Gue ampe nanya lagi "Udah ama teh botolnya mpok?" 
"Udah, mbak" jwb si mpok yakin, gak salah itung. Wonder Bar !! (mksdnya wondering hehehe), karena kemaren gue baru sakit hati, gara2 makan di kantin kantor, dg menu nasi-cumi2-oreg tempe-teh botol, itu Rp 20.000,- ! Set dah! Ini harga meres banget! Ga rela pisan gue! Tp mau protes, semua udah diperut, bareng cacing-cacing (baru tau kan kalo gue cacingan?). 
Dengan sedikit ngedumel, gue bilang sama mbak2 montok yg jaga kantin "ya udah deh, mbak, tulis dulu." (Jiakakak, ketauan, ngutaaang). Yeah, sekedar tau aja, makan di kantin kantor, HaRaM hukum nya bayar pake duit. Jd bayarnya pake kupon makan, yg seharinya dapat jatah 1 kupon, senilai lima ribu. Kebayang kan, kupon senilai 5 rb, tap jumlah yg di makan senilai 20 rb? Sisanya gimana ntar aja, biasanya pria2 kantor ada yg baik hati, ngasìh jatah kupon mereka buat gue. 

Sambil ngerokok, after makan, temen gue Evi Damayanti, nyambungin cerita diatas dg masa2 keemasan nilai rupiah antara tahun 95-98. Dia bilang, jaman dia kuliah, kok bisa beli ini, itu, nongkrong disini, disitu, ngopi, dll, tapi duit ga abis2 amat. "sampe skrg gue belum nemu jawban nya, darimana ya duit2 gw itu?" pungkas nya.
Gue diem dan mikir. Inget2. Apa yang Evi Damayanti katakan itu bener.

Gue jadi teringat masa itu. Lulus SMA th '95, gue langsung kuliah ke Yogya. Dalam sebulan, nyokap ngirimin gue uang bulanan Rp 150 Rb. Dgn perhitungan : makan sehari 3x @ 1000 perak di kali 30 hari, selebihnya buat keperluan seperti sabun, sampo, pembalut, detergen, cemilan, susu. Jangan sedih! Gue masih bisa ke JoKEf (Jogja Cafè). Uang bulanan itu diluar uang kos. Kos gue sebulan 60 rb. Berhubung gw sekamar ber 2, jd masing2 Rp 35 rb/bln. Jgn salah! Kos gue bangunan modern. Keramik, udah pake sanyo, dan wc nya duduk. Di sediain dapur, kompor gas, plus kulkas.
Kalo kos cowok, biasanya lebìh murah lagi. 200-250 rb se tahun! Tapi emang, bangunan lama dan nimba! Hahaha.

Gue udah ngerokok dr th 95. Harga A mild merah/menthol 16 itu Rp 1000,- gratis korek gejres 1 biji. Theopilus Sandy yg nyaranin gue beli di toko A, secara di toko lain serebu gak dapet gretan. Hahaha.
Harga sekali makan, nasi bebas, dg lauk apa aja (ayam,rendang,telor) antara Rp 600 s/d 800 . Kalo pecel lele, 800 perak. Pecel ayam serebu perak. Kalo udah mau akhir bulan, dana udah mepet, ya ke angkringan. 500 perak bisa di santap dua mulut. Pokoknya angkringan setengah harga pasaran! Dan heran nya, gue msh tetep mampu makan di resto waralaba, yg saat itu baru ada Mc D, Texas & KFC aja.

Oke, yg gue bicarakan emang kota yogya, yg NB biaya hidupnya murah bgt. Tp di banding Jakarta, cuma beda 30% lah. Maksud gw, kalo di Yk 600, Jkt paling serebu. Ga jauh beda nya. Dan ini bukan masalah "lain dulu lain sekarang". Beneer, pasti beda bicara dulu dan sekarang. Yg mau gue sampaikan disini adalah, Nilai rupiah nya sendiri. Coba aja bayangin, 20 rb cuma sekali makan, di kantin kantor pula? Ga worth it bgt kan? 20 rb di kantin kantor gue ga ada nilai nya! Kalo gw makan di Solaria sìh, pantes2 aje. Pdhl Jaman itu, 2 rb saja punya nilai besar.
Ariek Waskito pernah bilang sama gue dalam sebuah percakapan, "Di dunia ini segala sesuatu ada nilai nya". Dan gue sependapat. Berapa nilainya , masing2 person punya ukuran yg berbeda. Tp gue balik lagi nanya, "apa iya, 20 rb itu senilai dgn nasi cumi oreg teh botol?" sumpah, gue msh kesel! Hahaha (ketawa pait).

Eksi Purnomo Bayu Aji pun pernah bilang, kost adik nya di Yogya udah 1 jt /bln. Pdhl dia d jakarta aja cuma 750/bln. Artinya, "masih ada nilai nya kah rupiah?". Jogja loh, yg katanya standar hidup murah? Murah dari Hongköng?

Yang dulu emang udah berlalu. Udah 10 taun lewat juga. Tp masih mungkin ga, Rupiah yg gue dapetin saban gajian, punya nilai yg berarti? Yeah, gw sejatinya msh beruntung, karena gue cewek, punya suami yg diandalkan tiap bulan nya. Tapi gimana para kaum suami2 yg mungkin, istrinya ga kerja? Rupiah ... Rupiah. Gara2 kantin kampret gue jadi bikin catatan ini deh



April 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar