CURCOL

Curcol (20) fenomena (20) Fiksi (9) Opini (19)

Jumat, 24 Februari 2012

Kesalahan BODOH pengguna Blackberry

Tau Blackberry kan? orang sering nyebutnya dengan singkatan "Bebe". Kalo kamu belom tau, dapat di pastikan kamu udah 15 tahun bertapa di gunung Kelud.

Sekarang udah buanyak banget orang yang menggunakan smartphone Blackberry, segala macam spesies manusia dari yang profesional sampai gaptek menggunakan handphone pintar ini, tapi SAYANGNYA bukan berarti penggunanya juga cukup pintar. Terkadang handphonenya jauh lebih smart daripada pemakainya.


Kalau masalah teknis atau gaptek sih masih bisa dimaafkan, karena namanya teknologi selalu berkembang dan tidak semua orang bisa mengikutinya dengan baik.Menurut SAYA, orang yang termasuk pengguna “tidak cukup pintar” di luar hal teknis adalah orang yang menyalahgunakan fitur-fitur yang telah ada. Memakai fitur tersebut tidak sesuai kodratnya. Ini yang tidak bisa dimaafkan.

Pertama kali saya menggunakan smartphone bernama Blackberry ini tahun 2009, bisa di hitung dengan jari, orang-orang di sekitar saya yang juga sudah pake, mereka itu yang pasti make duluan ketimbang saya. Sedihnya, temen-temen saya itu belom bisa share bagaimana mengoptimalkan pemakaian Blackberry dan Toto kromo sebagai pengguna, maka jadilah saya otodidak mempelajari isi fitur-fitur yang ada, dan sekaligus "di maki-maki" karena sudah melakukan KESALAHAN BODOH dalam menggunakan telepon pintar. 

dari sanalah saya belajar, untuk tidak lagi berbuat bodoh, dan ternyata menggunakan Blackberry juga ada SOPAN SANTUN nya. Sebagai teman yang baik, saya akan share pengalaman saya dan semoga tidak terjadi pada pembacanya


Inilah beberapa kesalahan BODOH penggunaan Blackberry

1. Contact Name Menggunakan Karakter Alay


Ini bukan hanya menyebabkan kiamat visual, tidak enak dipandang mata, bikin mata sakit untuk ngebaca, tapi juga akan merepotkan kita kalau ingin mencari contact orang itu.


Misalnya namanya adalah Hans, lalu di BBM contact dia ganti menjadi:

HΛņŞ


Atau kalau nama Donie menjadi

*.:*¨ ..:*•.‧::‧ ĐōЙÑΪ∑ ™ *.::**.:*¨


Aseli, itu bikin repot orang yang mau search cepat dengan mengetikan huruf-huruf dari nama tersebut. Dijamin tidak akan ketemu. Loh kenapa begitu?? Masih nanya?? Ya, karena huruf alay tidak termasuk di dalam keyboard QWERTY yang berisi huruf abjad manusia normal.

Terus kita berargumen , "loh? so what? ini kan Bebe Bebe guee, suka-suka ghue dooong?" . Iya, sih, itu juga yang pernah gue lakuin, DULU. Karena waktu duluuu, aplikasi smiles dari pihak ke 3 (baca :third party) masih bayar, belom gratis kayak sekarang, jadi kalo nama nya di ukir-ukir batik gitu, ada sendal, love-love, titik-tik dsb, keren banget. Kalo make ini ngga semua orang punya, atau minimal kita tuh punya temen yang punya aplikasi berbayar tersebut. 

sekarang malah ada tuh, di kolom nama  dia kasih gambar orang, gambar rumah, gambar apalah, dan diisi : nama  , ttl, alamat ... Damn! 

Karena lama-lama saya juga pusing yah liat nama temen bbm saya kayak gitu, Jadi sayapun mengganti dengan sendiri nya.


Dan Yang musti saya lakukan menghadapi situasi ini:

Rename contact dia yang berisi huruf alay dengan nama SUKA SUKA GUE yang saya ketikkan secara normal.


2. Test Contact, No Need To Reply


Lagi enak-enak mau tidur, mata udah kriyep-kriyep tinggal mimpi… tiba-tiba bunyi “ping”, otomatis langsung terjaga dan ngecheck BB , disitu ada message berwarna ungu dengan tulisan:


Test contact, no need to reply. Tx


What The Fuck?? Ganggu tidur gue aja lo! Mau pamer punya BB baru? Atau iseng cari perhatian aja biar orang jadi ngeh dan inget lagi kalau elo eksis di dunia ini dan bisa dihubungi melalui contact BBM? 


Bossss, jaman sekarang teknologi sudah canggih. Kalau ganti handset Blackberry / ganti PIN, atau upgrade versi bbm, server Blackberry udah bisa melakukan hal sedemikian rupa sehingga elo tidak perlu malem-malem ganggu orang lain dengan broadcast test contact no need to reply yang sebenarnya tidak perlu. 

terus kita berargumen , "cuma mau ngecek, itu pin bb di list masih pada aktiv ngga?" - Hei, tau ngga kalo cek kontak dengan cara di Broadcast Message  itu ngga akan ketauan ketikan kita masuk apa ngga? ngga ketauan centang doang, D atau R kalo mereka ngga nyaut/balas? kalo emang mau cek pin teman kita aktiv atau tidaknya, ya elo cek 1-1, di JAPRI , ngga ada cara lain. Dari situ kita bisa tau, kalo temen kita udah ngga aktiv atau bahkan minta di re invite.


Yang musti saya lakukan menghadapi situasi ini:

Cuekin aja, atau kalau mau bales broadcastnya dengan “jempol" , tapi untuk ke depannya , sumpah OGAH BANGET!

3. Ganti Profile Pic Tiap Menit


Setiap check recent updates, pasti selalu ada orang itu yang bertengger paling atas dengan status ‘changed display picture’. Foto-fotonya selalu berganti tiap beberapa menit. Dari foto liburan sama teman-temannya, foto lagi gendong bayi orang, foto refleksi diri cermin, Foto di toilet SPBU, foto sama ibunda tercinta, foto bersama anjingnya, dll.


Dalam 1 hari kita bisa tahu tentang perjalanan hidup dia selama ini hanya dari foto-fotonya saja. 


Yang mesti SAYA lakukan menghadapi situasi ini:

Tidak ada yang bisa saya lakukan selain pasrah atau delete contact aja


4. Chatting Di Status Updates


yakin pasti pernah melihat orang yang sahut-sahutan di status updates. Oke, kalau sekedar mengucapkan happy birthday atau selamat apa kepada orang lain sih gak masalah, tapi ini kalau sampe curhat?


Contoh situasinya seperti ini:

Donnie 18:20 changed status update: “I try my best, but failed. Why God??”

Hans 18:21 changed status update: “Keep the spirit my bro Donnie! Don’t give up!”

Donnie 18:24 changed status update: “@Hans: Thanks brother, you’re a true buddy…”

Hans 18:25 changed status update: “That’s what friends are for, bro Donnie.. support u always!”


Yang musti saya lakukan menghadapi situasi ini:

Tegor orang nya langsung, dan bilang ... "Sumpah, elo itu stupid banget, udah di kasih kolom bbm an, chat nya malah di status!"

Kemudian gue di delete pin nya ama dia. *tepok tangan*


5. Broadcast Message Abuser


SAYA paling benci sama tipe ini. Lagi nunggu balasan bbm dari GEBETAN, tiba-tiba ada bunyi “ping”, terus buru-buru check blackberry , pas diliat ternyata ada message berwarna ungu, bertuliskan:


“Alkisah ada seorang ibu yang sangat sayang kepada anaknya, bla bla bla bla…. mohon teruskan cerita ini ke seluruh contact BBM kamu atau kamu akan menjadi orang paling berdosa sedunia”.


AAAARRRGRGGGHHH!!! Rasanya langsung mendingan bunuh diri saja atau bunuh orang yang mengirim broadcast itu. Ganggu aja sama yang nggak penting! Assuk !!


Atau dalam situasi yang lain, lagi tengah-tengah nyetir, terus tiba-tiba suara “ping”, pas dibuka ada message berwarna ungu dengan tulisan:


“ADA GEMPA DI SUMATERA!! Potensi Tsunami! Tolong disebarluaskan kepada orang-orang supaya tau berita ini!”


jadi panik dong, terus penasaran bener apa nggak sih, tapi karena 
lagi nyetir, jadi tunda dulu cari informasinya. Eh nggak lama kemudian Blackberry bunyi “ping” lagi, terus di cek ternyata ada message berwarna ungu lagi dari pengirim yang sama seperti sebelumnya, kali ini tulisannya:


“Maaf, berita yang tadi ternyata salah. Tidak terjadi apa-apa di Sumatera. Maaf ya. Tolong sebarkan berita ini supaya orang tau kalau yang tadi salah… “


Anjrit! Kaya gini emang ngeselin banget yah. Udah tau berita belum jelas atau masih hoax tapi udah langsung disebarluaskan.


Tapi tiba-tiba 2 menit kemudian Blackberry bunyi “ping” lagi, buka, kali ini ada message berwarna ungu juga, tapi dari orang yang berbeda dengan pengirim sebelumnya. Tulisan messagenya:


“Tolong ya jangan broadcast berita nggak penting, sangat menggangu orang lain sekali. Kalau ada berita harus dipastikan dulu keakuratannya sebelum di broadcast ramai-ramai. emang setan bisa keluar dari BB kamu? emang kita jadi ngga sayang sama ibu kita kalo ga kirim lagi pesen ini? emang kita jadi murtad kalo ga sebarin lagi hadits & doa?"


"Aararrrggghhhh !!!! Gue kaga nge BM gue di maki-maki!! " . Akhirnya saya balik maki-maki dia , dan pin saya pun di hapus oleh dirinya. *tepok tangan*

Eh, baru selesai di hapus pin nya ama tu orang, ada lagi bunyi "ping" , isi nya :

"Ada yang tau jual Tape Uli di daerah jakarta selatan ngga? Lagi pengen makan tape uli niih. yang ngga tau ngga usah jawab! "


Bangsaaat!

Terahir, ada lagi. udah jam 1-2 dini hari, tau-tau :

PING!!!
PING!!!

Kalo emang butuh, ada perlu, tinggal di ketik. Apa susah nya sih? Lo pikir dengan nge PING!! tanpa ada tulisan, gue bakalan sautin? - Maksudnya Mau nyapa? apa susahnya tinggal ketik "Hai mom, udah tidur?" . Kalo saya masih melek, pasti saya balas. ataupun Kalo saya udah tidur, pasti besoknya di bales, atau kalo kebetulan mendusin pipis, di jawab. 

Ngerasa ngga sih, kalo semua contoh diatas itu GOBLOK banget , di lakukan oleh orang yang menggunakan telepon sepintar Blackberry?


Nah demikianlah. Apakah kamu juga pengguna BlackBerry? Jangan sampai berbuat kesalahan seperti yang sudah saya tulis di atas ya. Kalo ada temen kamu baru beli Blackberry , tolong dia SURUH BACA INI . 


SEKIAN, dan terima pelukan


6 komentar:

  1. tulisan bagus sayang gak ada yang comment, kurang publikasi kali yach...

    BalasHapus
  2. Hahaha, Makasih kamu jadi yang PERTAMAX komen. Memang sih Blog ini kurang komersil, tapi khusus Tulisan ini , menurut statistik sudah di View 785 kali ... hehehe - semoga bermanfaat .

    BalasHapus
  3. Oh yaa? waaaw, baru tahu saya. apa kata kuncinya?

    BalasHapus
  4. keyword "blackberry bodoh" pake opera mini hp

    Baris pertama google result

    BalasHapus