CURCOL

Curcol (20) fenomena (20) Fiksi (9) Opini (19)

Jumat, 10 Februari 2012

Long Road I

Tepat hari ini, gue 33 tahun. 33 Tahun Yang lalu, di hari Kamis juga, gue terlahir sebagai anak ke dua dari tiga bersaudara. 5 tahun pertama ngga ada yang bisa gue inget dengan baik tentang perjalanan hidup gue, kalaupun ada potongan-potangan cerita, adalah buah cerita dari orang-orang tercinta yang ada di dekat gue.

1976 - 1981

Waktu Gue lahir , nyokap gue dibantu persalinannya dengan seorang dukun beranak. Kala gue kecil, Kakak gue, Etika Lestari, selalu mengejek gue dengan sebutan "anak dukun, anak dukun" . Dengan penuh kedongkolan gue bertanya sama nyokap, "kenapa gue ngga lahir di RS kayak Kakak gue? kenapa bukan bidan, malah dukun beranak?" Dengan penuh sabar dan bijak, nyokap menjawab "tahun 76, Di Cibubur ngga ada RS. Kalaupun Kakak mu dulu bisa lahir di RS, waktu itu kami masih tinggal di Pisangan (deket2 Cipinang sana deh), dan Bidan juga ngga ada. Jangan kecil hati, bukan dimana kamu terlahir, yang penting kondisimu sehat dan sempurna". Gue diem aja, dan baru bertahun2 kemudian gue bisa "terima" penjelasan nyokap. Dasar anak kecil !!

"Apa arti nama Ridzki Utami?" tanya gue pada Nyokap lagi. "Bapak mu pengen punya anak lelaki, dan ingin ada sebagian nama nya masuk dalam anak kedua (nama bokap ada Ridwan nya), dan kamu lahir saat kami akhirnya punya rumah sendiri, ngga ngontrak lagi, walau sangat sederhana, ini rumah sendiri! Kami menganggap, kelahiran mu membawa Rezeki Yang luar biasa. Utami dari kata Utama. Yaa, artinya jelas, Rezeki yang Utama." dan gue sangat PUas dan bangga dengan penjelasan tersebut. Hahaha.

Kata Bu Lik (Tante) gue, gue tuh waktu balita, udah keliatan buader nya. Suka kabur dari rumah. Maksudnya kabur, misal tau nih nyokap ke warung sayur, dan gue ngga diajak, trus gue bakalan nyusulin sendiri ke Warung itu, padahal umur gue baru 3 tahun. Dan gue juga ngga tau tu warung di mana? Walhasil Bu Lik gue yang kelimpungan dan nangis2 nyariin gue (kan dia tugasnya momong gue). Kasian banget Bu Lik gue itu kalo inget2 sekarang. Hahaha.

Gue juga pernah ngga sengaja minum cairan netralisir buat ngeriting rambut. Karena gue kira itu air putih. Abis, ada di meja makan, langsung aja gue tenggak. Hahaha. Gue trus muntah2 keracunan. Huah! untuk ngga langsung almarhumah. Nyokap ngga pernah bisa lupa peristiwa itu. Mungkin juga karenanya rambut gue KERITING GILA kayak gini. Hahaha ...

Th 1981, waktu bokap pergi Haji, gue sakit parah. Typus. Gue udah punya memori sendiri pada saat peristiwa ini. Gue ngga boleh ngapa2in. Tiduuur aja. Kata nyokap, harusnya gue di rawat di RS, tapi lagi2, RS jauuuuuuuh, dan nyokap cuma sendiri, nanti Kakak gue sama siapa? Satu bulan Full gue beneran cuma tergolek di kasur. Dan mulai dari situ lah, gue menyadari, gue ngga bisa jauh dari bokap. Dari beberapa pengalaman, tiap kali Bokap tugas ke luar kota lebih dari seminggu, gue pasti sakit.

1982 - 1988

Gue masuk TK. Namanya TK MARIBAYA. Sekarang udah tutup. Gue sering di ledekin (lagi2 sama kakak gue nan cantik itu), TK gusuran, karena dulu, TK gue terletak di sebuah lahan yang luasnya kira2 3 Ha (atau lebih? entah lah), di areal latihan menembak tentara RI, dan terkenal dengan nama daerah Lapangan Tembak Cibubur. Pada tahun yang sama, TK gue di Gusur, karena areal tersebut akan di bangun PERUMAHAN REAL ESTATE PERTAMA , yakni BUKIT PERMAI. Itu loooh, rumah nya Arzetti, trus Mandra dan Rita Sugiarto. Dan TK gue terpaksa pindah ke komplek perumahan deket2 situ juga.

Di TK gue lumayan menonjol karena gue Bandel, tukang berantem, dan cengeng. Hahaha .... Tapi, gue termasuk anak yang pandai, secaraa .. gue udah lancar baca, lancar nulis dan bisa baca Alqur'an (Sumpe looo Mooom??) . Semua itu berkat Nyokap gue tentunya (Pinternya lho! Bukan bandelnya hihihi)
Di TK gue udah mulai tertarik sama lawan jenis. Namanya Firman (catatan : bukan suami gue). Buat gue dulu dia tuh cakep bangeeet. Putih, agak-agak bule gitu dehh. hihihi. Buset, umur segitu gue udah centil Yak?

Saat masuk SD, dalam prestasi belajar, gue lumayan menonjol, awaaalnya. Hahaha. Karena modal gue sebagai anak pemberani, bisa baca tulis dan pandai berhitung. cieee ... kelas 1,2,3 gue bertengger di urutan 1 TANPA BELAJAR SERIUS ! Dan dampaknya , baru pas kelas 4,5 . gue jadi juru kunci. Hahaha, kayaknya udah naik kelas aja, udah bersyukur. Qeqeqe

Waktu gue kelas 3, gue juga sekolah lagi siangnya, sekolah agama (madrasah), isinya tentang AGAMA ISLAM semua. Dari hukum2 islam, sejarah islam, Qiroah, dsb. Hmmm ... pelajaran yang paling gue benci ; Qiroah : membaca Alqur'an dengan suara indah . Kalo pas jam pelajaran ini, gue kabuur, dan ngumpet di sawah. Hihihi ...

Gu benci masa-masa ini, karena di saat anak2 lain bisa main sepulang sekolah, dan tidur siang ... gue MESTI SEKOLAH LAGI ! Emang siiih, gue ngga sendiri. Secara Kakak dan adik gue Adam Saharanto juga mengalami hal yang sama. Temen gue Agastya Prakasa dan Fajar Puspo Sayekti juga sebenernya senasib hehehe, tapi entah lah, bagaimana perasaan mereka. Yang pasti, jujur, gue bete abisss.

BERSAMBUNG

** Bagaimana masa-masa SMP dan SMA gue? Benarkah sekolah Madrasah gue itu sia-sia? Siapa pacar pertama gue? Bagaimana gue akhirnya ketemu lagi sama Firman, cowok yang gue taksir saat TK?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar