CURCOL

Curcol (20) fenomena (20) Fiksi (9) Opini (19)

Rabu, 08 Februari 2012

Saat Pria Menghilang

Telpon berdering dari dashboard teman saya Anto, saat dia sedang nyetir perjalanan menuju Bandung, kemarin. Sekali. Dua kali. Tiga kali. 
"Kok nggak diangkat, To?" Tanya saya iseng. 
"Biarin, dari pacar gue kok". Sautnya santai. "Kalo gue angkat nanti malah ribut". 
"Angkat lah, Too. Tau nggak sih lo, cewek tu benci banget lagi, kalo cowok nya menghilang gitu." Tukas saya cepat. 
"Iya tuh bener banget!" Celetuk Niniel dari jok belakang meng amini. 
Anto diem aja. Telpon kembali berbunyi. Kali ini SMS. saya lihat Anto hanya membacanya, tanpa membalas. Lalu di letakan kembali N9500 nya. 
"Kenapa sih, pria suka menghilang gitu?" 
Tiba-tiba saya merasakan sekali posisi pacar nya siAnto

Pandangan saya menerawang jauh keluar jendela. Penanda Kilo meter sepanjang jalan tol seolah berjalan. Tapi bukan itu yang saya pikirkan. Saya Masih memikirkan kelakuan Anto, yang sebenernya bukan urusan saya, tapi saya jadi tergelitik ingin tau jawabannya, mengingat saya berada dekat si Anto & sekali lagi, saya tau banget rasa nya jadi si penelpon itu!

Beberapa kali saya mengalami peristiwa kayak gitu, di mana saya sedang dekat dengan seseorang, yang begitu intens berkomunikasi, dari mulai sms, telpon, chatting, inbox di FB, saling komentar di FB, bahkan bertemu ... Tiba-tiba "menghilang" . Bukan tidak bisa di hubungi yang membuat jengkel, tapi tidak mau menggubris kabar yang saya cari dari diri nya itu loh! . Hp nya aktif. Tapi nggak mau angkat. SMS nggak di balas. Email & Inbox nggak di balas. Di perparah, mau tanya teman, tapi siapa temannya? Saya nggak kenal teman-temannya! 


Yang paling membuat bingung adalah, saya merasa sebelumnya tidak αϑα masalah, semua baik-baik saja. Tidak αϑα pertengkaran atau kesalahpahaman. Semuanya baik-baik saja.

"Nggak usah di cari tau. Biarkan saja. Jangan dibikin ruwet" , 

jawab teman dekat saya, suatu hari, saat saya mempertanyakan lewat percakapan SLJJ, mengapa kaum nya berkelakuan demikian. 
"Iya, tapi itu pasti pernah terjadi sama kamu, kan Mas? Lalu apa sebenarnya alasan mu?" Tanya saya. 
"Ya, kalo aku lagi banyak kerjaan, aku pikir αϑα yang lebih penting aja dari telpon nya. Skala prioritas aja". Jawabnya bijak. 
"Nah, Aku kan telpon pake no lain & langsung diangkat - trus aku matiin, lalu aku telpon pake no ku, eh dia nggak ngangkat. Sengaja banget kan?" Desak ku pada nya. 
"Mom, sekali lagi, αϑα yang lebih penting dari kamu & no telp asing itu mungkin -dia kira- no penting yang dia lagi tunggu sehubungan dengan pekerjaannya. Sudahlah, nanti dia juga akan menghubungi kamu, Mom" pungkas nya.

***

"To, boleh tau, kenapa lo tadi nggak angkat telpon cewek lo pas di jalan?" Rasa penasaran saya kembali membawa saya bertanya saat kami sudah berada di kamar hotel, sambil menikmati sebotol chivas cola. 

"Gini loh Mom, gue nggak mau terganggu. Gue tau gimana cewek gue, Kalo gue angkat, trus kami ribut, gue bete, rusak lah suasan gue sama kalian. Gue juga hargain Bunda yang ngajak kita jalan, lagian gue jelasin sekarang ataupun nanti, gue ama dia tetep bertengkar, jadi mending nanti aja bertengkarnya. Gituuu" sahutnya SANTAI tanpa BEBAN.

Dan dari penjelasan mereka diatas, αϑα satu penjelasan lagi yang membuat saya terperangah. Ini adalah penjelasan bekas teman kantor saya, saat tadi siang jalan bareng ke Kemang & menceritakan persoalan yang terjadi kemarin. Sambil tertawa, dia berkata 

"Hahaha, itu gue banget Kiii!" . 
"Hah? Maksud lo, Mas? Elu jadi gue atau jadi yang ilang?" Tanya gue penasaran. 
"Jadi yang ilang." Sahutnya lagi. 
"Apa alasan lo ngilang? Ngilangnya gimana?" Cecar saya. 
"Nggak angkat telpon & nggak bales sms. Kalo pas ol gue liat αϑα dia, buru² gue matiin! Hahahaha" dia ngakak. 
"Ya Tuhan" batin saya. Muka saya berubah masam, membayangkan "Seorang Pria" menjawab hal yang sama seperti jawaban teman saya. 
"Apa sih alasan lo, Mas?" Tanya saya sekali lagi. 
"Hmmm, bosan Ki. Tiba-tiba gue bosan ama dia. Trus jadi males. Penyebabnya, hmmm .. Αϑα kata-kata dia yang bikin gue jadi males. Dan apa yaaa, hmmm .. Gue nggak suka kalo lagi pedekate, trus ceweknya yang ngebet ama gue. Gue malah mundur teratur. Gue suka nya ngejar! Hahahaha" 

Muka saya tambah masam. Jangan-jangan ...

BlackBerry saya tiba-tiba berdering, di saat saya menuliskan catatan ini. Di layar tetera Nama & nomer seorang Pria yang pernah mengisi hari-hari saya setahun belakangan ini. Pria yang begitu dekat, sayang & perhatian dengan saya. Pria yang dua bulan terakhir tengah saya hindari & saya berusaha "pergi" darinya. Semua sms, tepon & bbm nya nyaris tidak pernah saya respon. Jujur, saya sangat sakit melakukan ini. Karena dia sebenarnya orang baik. Tapi, saya harus lakukan ini. Saya butuh waktu & jarak dari dirinya. Jalan ini saya pilih, karena pilihan bicara baik-baik, sudah malas. Yang αϑα, nanti malah menyakiti hati dia & dia tambah menyakiti hati saya.

Lalu saya tercenung .. 

Karena yang tengah saya lakukan adalah sama hal nya dengan yang "Seorang Pria" lakukan terhadap saya bukan? 

PERSIS! 


Ternyata benar αϑα nya, bahwa nggak perlu DICARI TAU lagi sekarang, alasan mereka menghilang. Biarlah mereka hilang ... Dan menghilang ...


november 2010

3 komentar: