CURCOL

Curcol (20) fenomena (20) Fiksi (9) Opini (19)

Rabu, 08 Februari 2012

What You Call my Name ?

Nama panggilan atau nama julukan biasanya di berikan seseorang terhadap orang lain berdasarkan kondisi fisik, kelakuan, atau peristiwa lucu yang menimpanya. Dengan tujuan biasanya meledek (ngejek) atau bisa juga supaya terdengar lebih akrab. masing-masing orang pasti punya nama panggilan, namun tidak semua orang bisa dengan legowo nerimanya, pada awalnya. Tapi biasanya lama-lama nerima juga, ketimbang pegel hati marah-marah sendiri.

buat gue nama julukan yang diciptakan buat gue , merupakan "tanda cinta" (halaaah) dari mereka, dan lebih baik menganggap begitu. sepanjang 30 tahun kebelakang hidup gue, entah sudah berapa nama panggilan gue. Dan masing-masing punya cerita sendiri. Dengan demikian gue akan inget, dari kalangan mana mereka itu. dibawah ini beberapa nama panggilan atau nama julukan gue berikut riwayat nya

ISI (mbak isi) :
waktu batita, gue cadel dong, ngga bisa bilang "R", dan menyebut nama sendiri dengan ISI. Sampe saat ini, yang manggil gue dengan sebutan "mbak isi" biasanya Ibu nya temen gue di lingkungan rumah

RISKI:
Ini nyokap dan Bokap yang manggil kayak gini. Lafal nama gue tidak di ucapkan dengan benar. Bukan RIDZKI tapi RISKI, pake "S" , mungkin biar cepet aja. Sampe sekarang, terutama kalo lagi ngomong serius . Hehehe ...

CICI:
Waktu adam, adik gue batita, lagi-lagi belom bisa manggil dengan "R" sempurna, maka dia panggil gue dengan sebutan Cici. Sampe sekarang pun, dia tetep manggil gue dengan sebutan "mbak Cici", biasanya kalo santun nya lagi membaik. Hihihi

KEATING:
saat gue remaja, SMP lah , Cieee (ngga sudi gue nyebut ABG) hahaha, temen sekumpulan di rumah mulai memberi nama-nama julukan, dan karena rambut gue yang KRITING gila, maka mereka memanggil gue dengan nama ITHINK ... beberapa teman gue seperti Aga kebagian nama Mbot, Fikri jadi Namjuh, Uji jadi Burik dan Anjar jadi ... (Woy A, gue lupa, apa panggilan elu? hahaha) . Pas SMA, gue memperbaiki spelling ITHINK jadi Keating, biar lebih cool gitu. Walhasil, nama gue di SMA memang populer Keating ketimbang nama asli. Hihihi ...

RIDZKI:
nama ini finally gue kukuhkan saat masuk kuliah . Karena gue berharap, ada perbedaan masa harus beda pula panggilan. Gue harus mulai menghargai nama pemberian orang tua gue. Dan angkatan gue serta sebelomnya, dengan jinak memanggil gue Ridzki. Hehehe ...

KIKY:
Ahhh, rupanya anggkatan di bawah gue ngga ada yang mau susah-susah manggil gue Ridzki. Mereka melakukan pengulangan akhiran nama Gue. Kiki . Hmmm, not bad. Gue juga seneng dengernya. Dan sampe gue ngelanjutin s1, nama Kiki lebih populer di banding nama Ridzki itu sendiri. Nama Ridzki maupun Kiky tetap bertahan sampe gue bekerja. Setidaknya sampe gue menikah ...

DEDE :
Dulu waktu pacaran, suami gue manggil gue dengan sebutan ini. Wakakakak, karena katanya gue wangi bayi (karena suka pake minyak telon abis mandi). Tapi ngga populer, ini panggilan dia seorang. Tapi sekarang udah ngga manggil Dede lagi. Ya, Kak? hihihihi

LITA:
ini bisa di bilang nama "samaran". Gue senengnya menyebutnya dengan "nama jablay". Hahaha. Gue pake buat gue chatting di room atau kalo kenalan di tempat umum, yang gue yakin ga bakalan ketemu lagi sama yg barusan salaman ama gue. Beberapa temen chatt tetap manggil gue dengan Lita, tapi sebagian sudah mulai manggil nama asli gue (gara-gara facebook neeeh) hihihi

MOMI:
Awalnya, temen-temen di kantor dulu, takjub melihat gue hamil. Dan mengekspresikan ketakjuban mereka, dengan sendirinya satu per satu memanggil gue dengan sebutan Mami. Ngga ada lagi yang manggil Kiky, atau mbak Kiky. Kalo ada yang manggil Ridzki, biasanya Boss ajah.

Saatnya gue mau melahirkan, gue sedang mencari-cari panggilan apa yang cocok buat gue, jika nanti anak gue lahir. Plus buat suami gue tentunya. Kalo Mama-Papa, sudah terlalu biasa. Mami-Papi, gue malu rumah masih ngontrak. Ibu-Bapak ... ngga pantes. Lagian kakak gue udah begitu panggilannya. Bunda-Ayah ... Buahahaha ... Lebih NGGA PANTES lagi. Maka gue putuskan Mommy saja, terdengar manja dan akrab. Sejak itu gue minta temen2 ngga lagi manggil gue MAMI (pake A) tapi MOMI (pake O). Menyenangkan sekali

Akhirnya, nama Momi di dekade 2005 sampe saat ini, menjadi bagian dari hidup gue. Siapa aja bahkan memanggil gue momi, bahkan yang baru kenal. Pernah ada seorang teman gue paksa menyebut nama asli gue kalo manggil gue, lidah nya ngga cetto buat nyebut nama Kiky bahkan Ridzki. Malah jadi terdengar aneh dia panggil gue dengan Kiky. "Kurang terdengar manja" ujarnya. Hahaha, ada-ada saja

Sebenernya kasihan sih Nyokap Bokap gue, yang udah susah payah mikirin nama buat gue, udah bagus-bagus di cetak di akte, pake selametan 7 hari tuhuh malem, bubur merah bubur putih, eee ... yang manggil suka-suka.

Yaaah, Siapapun dan apapun nama panggilan gue, gue teteplah gue. Masih dan adalah orang yang sama. 




September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar