CURCOL

Curcol (20) fenomena (20) Fiksi (9) Opini (19)

Rabu, 08 Februari 2012

Kerajaan AKINDO

AKADEMI KOMUNIKASI INDONESIA, adalah Akademi swasta pertama, yang spesifk membuat jurusan dalam dunia Komunikasi, yang berdiri tahun 1994 di kota Yogyakarta. Gue sendiri adalah angkatan kedua di kampus tersebut, yang pada waktu itu, 95% mahasiswanya, merupakan mahasiswa"kecelakaan" akibat tidak lulus D III Komunikasi UGM maupun ISI. Hmmm, seinget gue, gak ada yang bilang emang niat kuliah di AKINDO, pasti gara-gara ngga keterima di UGM. Sedih Ya?

Jangan Sedih! Saat gue ngejalanin hari-hari gue di kampus yang letaknya di pinggiran Selatan Yogyakarta, gue bahagia banget! Karena bayangan gue akan "tertibnya" dunia perkuliahan, sama sekali ngga gue temukan. Jujur, gue ngerasa AKINDO lebih ke "anak nongkrong Yogyakarta" ketimbang sebuah Kampus. Diapit 2 buah kampus Keuangan dan Sekolah Tinggi Ekonomi, secara kasat Mata, orang pasti Tau, ini adalah mahasiswa AKINDO atau Bukan.

Baju lusuh, celana jeans robek, sandal jepit, rambut agak gimbal, adalah trade mark gue sebagai mahasiswi Broadcast. Kalo anak Public Relation, sedikit lebih beradab. Dan anak Advertising, ngga ada mati nye!! Gue inget, saat gue rapi-rapi (rapi menurut gue lo yee) mau berangkat, temen kost gue dari kampus sebelah pasti nanya "Kuliah apa Ki ?" (maksudnya ada mata kuliah apa), dan jawaban gue selalu "Gue mau ke kampus, bukan mau kuliah".

Hal lain yang menyenangkan dari Akindo adalah, kekerabatan dan kedekatan terhadap satu almamater, sangat kuat. Gue ngga terlalu inget adik-adik kelas gue, setelah memasuki tahun 1998. Paling 1-2, sisanya beneran ngga tau, bukan ngga inget. Lebih ke bawah, lebih ngga tau lagi. Tapi kalo kami bertemu, di mana gitu, entah kenapa, angkatan ngga jadi penghalang, bahkan justru malah akrab. Terutama buat angkatan yang udah jauh banget di bawah gue, merupakan kehormatan dan kebanggaan tersendiri bisa mengenal dan kenal dengan "angkatan tua Akindo". Ciee ... jadi GR dah!

Keakraban ini rupanya punya nilai historis sendiri buat para Almamaternya, terutama di dunia pekerjaan, khususnya di bidang pertelevisian. Ngga usah gue sebut nama, ada satu buah statiun TV swasta, yang isinya di dominasi oleh anak-anak AKINDO. Bayangin aja, 70% karyawannya dari AKINDO, dan semuanya pada posisi yang "Berpengaruh". 3 dari 4 Section Head, adalah alumnus AKINDO. Grafis, angkatn '95. Daerah angkatan '95. Kameramen angkatan '97. Dan anak buah mereka adalah alumni AKINDO juga. Menurut informasi yang berkembang, Section Head Editor hampir di jabat sama temen gue juga, tapi di batalkan, karena dia juga dari AKINDO. Bisa di bayangkan? AKINDO membangun sebuah Kerajaan di sana.

Gue ngga pernah menyesal dulu ngga lulus di D III UGM (hehehe, tu D III sekarang malah dah MUSNAH), dan gue bangga menjadi bagian yang dianggap sebagai "Mahasiswa Pendiri"

Menurut gue, ngga ada yang salah dengan situasi ini. Karena hubungan erat sesama almamaterlah, yang membuat AKINDO begitu terkenal di Yogyakarta. Kalaupun setiap ada perekrutran pegawai, melihat history nya lagi-lagi lulusan AKINDO, ini bukan KKN, tapi memang mereka punya POTENSI dan BERKUALITAS di bindangnya masing-masing. Inget, para Section Head itu lah jaminannya. Dan gue yakin banget, mereka bukan PEMBELI KUCING DALAM KARUNG

Gambaran ini tentu ngga terjadi di Statiun TV itu saja, gue rasa di tempat lain juga ada. Dan buat gue, itu ngga ada masalah. Mungkin layaknya di kator gue sendiri. Sudahkah bisa di bilang Kerajaan IISIP? Hehehe .... *Peace*


MARET 2009

13 komentar:

  1. sister akindo berapa biaya semesetr nya?

    BalasHapus
  2. Waaaaks! saya angkatan 1995-1999. Sudah lama tidak ke akindo, jadi ngga tahu deh tahun 2015 ini berapa biaya masuk dan per semesternya. Maaf yaa, ngga bisa bantu

    BalasHapus
  3. oh iyaaa engga apa apa sis,trus sis aku mau tanya ,akindo bgus gak si sebenernya?prospek kerjanya gmn nnti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya sih, lulusan akindo "berhasil" bukan karena kuliah di akindo. tapi karena usahanya sendiri

      Hapus
  4. akindo tahun angkatan th.berapa anda..

    BalasHapus
  5. akindo tahun angkatan th.berapa anda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama saya Ridzki, bukan Anda. Ini Andy Payung bukan? Yang di Akindo nggak sampe kelar, trus langsung hijrah ke UNS?

      Hapus
  6. aku adik kelas mu mbak Kiki.. heheheh aku tetep aja mangghil kiki mouse :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha. Dasaaaar Asep Tea. Kiki Mouse. Ah, nyaris gue lupa ada panggilan seperti itu. Thank you sudah mampir

      Hapus
  7. hai mbak kiki mau Tanya menurut mbak akindo dan AKRB lebih bagus mana?

    BalasHapus